Thursday, July 17, 2008

Bisnis Event Menggiurkan

Bisnis event memang menggiurkan, kita lihat saja konsep event yang dilaksanakan di seluruh stasiun TV Nasional dengan konsep poling sms. Walaupun event ini bertujuan pencarian bakat yang dapat memajukan sang juara, tapi banyak juga yang berakhir menjadi sebatas juara panggung. Lalu kotinuitas yang seperti apa yang diharapkan para peserta ?, jawabannya akan banyak. Ada yang mengatakan uji mental di kontes kecil-kecilan, ada juga hanya sekedar tampil dan pengen dilihat orang dan ada juga yang memang berharap bisa melambungkan karirnya di dunia entertainment yang memang sudah menjanjikan. Melihat animo peserta kontes yang mengundang masa ini begitu bagus, banyak bermunculan event organizer (EO) bermunculan. Mulai dari EO yang profesional sampai EO yang baru dan tidak mengerti cara mengelola sebuah event organizer. Yang belum berpengalaman dibidang EO akan melihat pekerjaan ini melelahkan, tapi bagi yang sudah biasa pasti akan sangat menyenangkan.

Lihat saja persipan yang harus dilakukan oleh sebuah EO

1. Konsep Acara : mulai dari tema, audience dan hasil akhir acara yang akan di

2. Proposal : ini kelihatannya sepele hanya sekedar tulisan diatas kertas, tapi bila membuatnya tidak benar maka akan sulit untuk menjualnya kepada sponsor.

3. Rundown : uruta acara yang disajikan pada hari pelaksanaan, Rundown ini juga harus detail dan variatif agar acara hidup dan tidak membosankan. Pengaturan waktu juga sangat ketat agar tidak berantakan dan overtime.

4. Sumber Pendapatan : ini yang paling penting jangan sampai nombok, bisa-bisa bangkrut kalau hitungan pendapatan dan pengeluaran tidak sesuai. Sumber pendapatan harus terlebih dahulu dipetakan, salah satu sumber pendapatan yang bisa diperoleh : Sponsorship, Pendaftaran peserta, Sewa booth, Penjualan tiket. Poling SMS, Pengelolaan parkir.

5. Teknis Acara : ini adalah persiapan akhir untuk pelaksanaan acara bila ke 4 poin diatas udah siap, ini lebih menyangkut dengan urusan loading dan segala persiapannya. Mulai dari ijin tempat, ijin keramaian dari Polisi, ijin pasang spanduk dan pajaknya kalau ada. Persiapan panggung, crew dengan bagian-bagiannya. Biasanya dilakukan dengan istilah teknikal meeting (TM), bisa dilakukan sampai beberapa kali menjelang hari H.

Ini hanya garis besar dari pelaksanaan event, untuk lebih lengkapnya kan didapat pada saat eksekusi eventnya sendiri. Karena mudah dan susahnya pelaksanaan tergantung dari target eventnya sendiri, apakah event kecil, sedang dan besar.

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

1 komentar:

Budiprayoga 7/19/2008 11:20 PM  

bisnis yagn menguntungkan bro..
apalagi klu kita bisa menghendel kigiatan konser..

Recent Comments

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP