Saturday, January 10, 2009

Esia Perkuat Segmen Komunitas di Tegal

Setelah membuka layanan telekomunikasi di kota Tegal bulan Agustus lalu, Bakrie Telecom kini menggandeng Forkommat (Forum Komunikasi Mahasiswa dan Masyarakat Tegal) untuk memperkuat penetrasinya di segmen komunitas. Kerjasama ini menunjukkan konsentrasi usaha Bakrie Telecom yang kian gencar menjangkau segmen komunitas dan memenuhi kebutuhan sesuai kepentingan komunitas tersebut. Tak pelak komunitas merupakan sarana efektif untuk mendongkrak pelanggan baru sekaligus mendapatkan pelanggan loyal mengingat kedekatan dan kesetiaan diantara anggota komunitas yang sangat tinggi.

Selain itu kerjasama ini juga akan memungkinkan pengurus maupun anggota Forkommat untuk melakukan penghematan dalam biaya telekomunikasi diantara mereka. Melalui program Gratis Rame-Rame anggota Forkommat yang mencapai lebih dari 80 ribu orang anggotanya di seluruh Indonesia akan dapat saling berkomunikasi dengan hemat untuk menunjang aktivitas usahanya maupun untuk kepentingan silaturahmi diantara sesama anggota. Bakrie Telecom pun akan memfasilitasi upaya mandiri para pengurus maupun anggota Forkommat yang ingin mengembangkan usahanya melalui produk-produk Bakrie Telecom. Dengan demikian sasaran penting kerjasama ini tidak saja dalam sisi efisiensi dan penghematan biaya telekomunikasi namun juga mendorong semangat wirausahawan dalam skala usaha menengah dan kecil. Penandatanganan Kerjasama Bakrie Telecom dengan Forkommat dilakukan oleh Rakhmat Junaidi , Direktur Corporate Services PT Bakrie Telecom dan Muhamad Jumadi, Ketua Forkommat hari Jumát kemarin di Jakarta.

Dalam pandangan Rakhmat, komunitas merupakan segmen masyarakat yang memiliki potensi untuk mendorong laju pertumbuhan pelanggan Bakrie Telecom. Sepanjang tahun 2008 lalu, Bakrie Telecom telah menangkap peluang dan memanfaatkan potensi komunitas melalui pengenalan produk-produk hape bundling yang khusus dibuat untuk segmen masyarakat tertentu. Ada Hape Esia Merdeka bagi anggota masyarakat yang menghormati nilai-nilai dan semangat patriotisme, Hape Esia Hidayah dan Hape Esia Kasih untuk segmen masyarakat religius dan terakhir Hape Esia Slank yang membidik komunitas remaja penggemar kelompok musik Slank. ”Keseluruhan program-program tersebut telah mendapatkan respons luar biaya positif dari masyarakat. Hasil tersebut turut mendorong keyakinan Bakrie Telecom untuk terus memperkuat penetrasinya di segmen komunitas. Kami harapkan kerjasama dengan Forkommat ini juga akan memantapkan posisi Bakrie Telecom dalam segmen komunitas dan sekaligus memberikan manfaat bagi komunitas tersebut”, ujar Rakhmat pada saat penandatangan kerjasama ini di Jakarta kemarin.

Masyarakat Tegal, dipaparkannya lebih lanjut terkenal sebagai masyarakat yang ulet. Kekerabatan diantara mereka pun sangat kental. Karena itu Bakrie Telecom sangat mendukung kegiatan-kegiatan FORKOMMAT terutama dalam aksi FORKOMMAT untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup dari anggotanya, Oleh sebab itu kami memberikan Program Gratis Rame-Rame untuk anggota Forkommat dengan harapan dapat membantu seluruh anggota FORKOMMAT untuk berkomunikasi baik untuk urusan organisasi maupun bisnis”. Harapan serupa disampaikan pula oleh Jumadi. “FORKOMMAT sangat senang mendapatkan perhatian dan merasa bangga dapat bekerjasama dengan Bakrie Telecom. Selama ini sesama anggota Forkommat selalu berinteraksi secara aktif dengan tujuan selain untuk mengakrabkan masyarakat Tegal yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia, kami mempunyai keinginan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan hidup orang Tegal di tempat domisili mereka sekarang, Jadi kerjasama dengan Bakrie Telecom merupakan suntikan pendorong baik fasilitas dan semangat kami untuk dapat mewujudkan keinginan tersebut” jelas Jumadi.

Forkommat sendiri sebenarnya secara formal baru berdiri tahun 2007. Sebelumnya wadah ini masih berupa paguyuban masyarakat berdasarkan daerah asal dan berdasarkan profesi masyarakat yang banyak bekerja di daerah perantauan. Mengingat jumlah masyarakat di perantauan ini semakin membesar maka dikelompokkanlah dalam satu wadah baru bernama Forkommat. Suatu paguyuban besar masyarakat Tegal yang benyak melakukan aktivitas sosial seperti mudik bareng, Halal Bihalal dan pemberian beasiswa bagi anak-anak yatim piatu. Melalui kerjasama ini Jumadi berharap agar kekerabatan diantara mereka dapat semakin terjalin dan hubungan dengan keluarga di daerah asal di Tegal tetap dapat terjaga. ”Tentunya ada aspek bisnis pula yang kami pertimbangkan agar semangat usahawan yang sudah melekat pada komunitas masyarakat Tegal terus berkembang. Kontribusi kami pada kesejahteraan keluarga, daerah asal maupun nasional juga meningkat”, katanya.

Pada kerjasama ini Bakrie Telecom memberikan fasilitas Gratis Rame-Rame untuk seluruh anggota FORKOMMAT, dengan salah satu keuntungannya adalah anggota Forkommat yang sudah dan akan menggunakan layanan Bakrie Telecom mendapatkan gratis pembicaraan dan SMS antar anggota FORKOMMAT dalam satu kota/kode area dengan minimum Top Up hanya Rp. 25,000,-/bulan (Program Prepaid/Prabayar) untuk menikmati layanan ini. Selain itu memberikan fasilitas Gratis Rame-Rame , BTEL juga memberikan harga khusus untuk pembelian Hape Esia yang hanya bisa didapat melalui penjualan yang dilakukan oleh Pengurus Forkommat yang ditunjuk agar seluruh anggota FORKOMMAT dapat menikmati layanan BTEL.

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

Recent Comments

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP