Monday, June 16, 2008

Apa itu gaya belajar ?

Dalam kuliahnya, Bobby de Porter, penulis buku Quantum Teaching, mengatakan bahwa sebenarnya kecepatan otak manusia dalam menerima informasi secepat kita menekan tombol ‘on’ sebuah senter sampai cahaya terpantul di dinding. Dapat dibayangkan betapa cepatnyanya.

Ketika dihitung kecepatan informasi masuk ke otak adalah 1.827 km/jam. Artinya apabila guru mengajar bidang studi apapun kepada para siswanya, mestinya materi yang disampaikan mampu dicerna oleh otak kita dengan cepat (quantum). Lalu timbul pertanyaan, kenapa kog sedikit sekali materi pelajaran dapat dimengerti dan ditangkap oleh otak kita. Ternyata ada penyebab utama hal itu terjadi, yaitu apabila ‘gaya mengajar guru sesuai dengan gaya belajar siswa, maka tidak ada pelajaran yang sulit dan semua pelajaran akan mudah dicerna dan diingat oleh otak’.

Artinya ada rumus ajaib yang perlu dipahami guru dan siswa, yaitu ‘GAYA MENGAJAR = GAYA BELAJAR’. Apabila dua gaya ini tidak sesuai, maka lahirlah pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan.

Gaya Mengajar dimiliki oleh guru/presenter/penyampai informasi, sedangkan Gaya Belajar dimiliki oleh siswa/audiens/penerima informasi. Lalu bagaimana mengetahui gaya belajar masing-masing siswa?

Gaya belajar seseorang adalah cara yang paling mudah sebuah informasi masuk ke dalam otak orang tersebut. Artinya apabila kita mengetahui kecenderungan kecerdasan seseorang dari multiple intelligences-nya (kecerdasan majemuk) maka kita akan mengetahui gaya belajar orang tersebut.

Masih menjadi pertanyaan, bagaimana mengetahui kecenderungan kecerdasan seseorang yang mana akan terlihat gaya belajar tersebut? Jawabannya adalah dengan alat riset yang bernama Multiple Intelligence Research (MIR). Apabila seseorang diriset dengan MIR, maka akan terbaca kecenderungan kecerdasan dan gaya belajarnya, mulai dari skala tertinggi sampai terendah.

Hasil MIR ini merupakan data yang sangat penting untuk diketahui oleh guru dan siswanya, agar rumus ajaib JIKA GAYA MENGAJAR GURU = GAYA BELAJAR SISWA, MAKA TIDAK ADA PELAJARAN YANG SULIT, dapat tercapai.

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

1 komentar:

warmorning 6/17/2008 1:34 PM  

ah, auk memang harus lebih banyak belajar lagi tentang belajar,, thx infonya :)

Recent Comments

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP