Monday, June 16, 2008

Temukan Kondisi Akhir Terbaik Anda

Anda pasti kenal JK. Rowlins, penulis novel fiksi Harry Potter, wanita terkaya nomor 2 di planet bumi. Rowlins menemukan kondisi akhir terbaiknya pada usia 43 tahun dengan pertama kalinya ia menulis Harry Porter. Di Indonesia, ada Habiburahman El Shirazi, penulis novel populis Ayat-ayat Cinta, yang menemukan kondisi akhir terbaiknya tahun 2008 ini. Sebelumnya kita tidak mengenal Rowlins maupun Habiburahman. Kemana mereka?

Lena Maria, seniman dari Swedia, seorang yang cacat fisik, tidak mempunyai tangan dan kaki kirinya pendek, namun sejak usia 5 tahun dia sudah menemukan kondisi akhir terbaiknya, menjadi pelukis kaki, perenang, dan pemusik.
Jadi… apa sebenarnya yang dimaksud dengan kondisi akhir terbaik seseorang? Kondisi akhir terbaik adalah sebuah kondisi seseorang menemukan bakatnya yang mempunyai benefiditas untuk dirinya sendiri dan orang kebanyakan.

Kondisi akhir terbaik akan mudah diketahui sejak dini apabila kita perhatikan hal-hal sebagai berikut:
1. Bakat anak dikembangkan tanpa ada kekangan pada usia golsen age (0 sampai 7 tahun)


2. Mengetahui riwayat kecerdasan anak dengan Mulitple Intelligence Research (MIR) setiap periode tertentu, sehingga dapat dipantau perkembangan kecenderungan kecerdasannya setiap periode tertentu.

3. Memberi kesempatan yang luas kepada anak yang sudah diketahui kecenderungan kecerdasannya dengan MIR untuk mendalami aktivitas-aktivitas yang sesuai dengan kecenderungan kecerdasannya.
4. Memilih sekolah yang mengembangkan potensi dan bakat anak (human school), bukan sekolah yang malah membunuh kecerdasan anak (robotic school).

5. Mengambil bidang studi atau jurusan yang sesuai dengan kecenderungan kecerdasan, baik yang muncul menjadi bakat atau kemampuan yang disukai dan harus dipelajari lebih dalam.

Semoga setiap dari kita secepatnya menemukan kondisi akhir terbaik kita. Apabila kita sudah merasa berbuat banyak untuk diri kita dan orang banyak dengan karya-karya kita, maka bersyukurlah. Anda sudah menemukan kondisi akhir terbaik Anda.

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

0 komentar:

Recent Comments

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP