Saturday, July 19, 2008

Belajar Blog Dengan Metode ATM

Belajar blog dengan metode ATM ditujukan bagi yang nggak punya uang, nggak punya uang untuk beli ebook blog, nggak ngerti urusan blog. Pokoknya serba kekurangan tapi pengen buat blog, hal ini sudah saya implementasikan untuk blog saya ini. Metode ATM adalah sebuah istilah yang dipakai oleh orang-orang marketing, istilahnya cukup enak dipakai. Kepanjangan dari ATM sendiri adalah "Amati Tiru dan Modifikasi". Sistem ini yang digunakan oleh industri teknologi China saat ini, bukan berarti copy paste, itu namanya plagiat abis dilarang keras karena blog juga hasil karya cipta.

Nah apa saja yang dapat ditiru dari blog orang lain :

  • Templatenya
  • Susunan aksesoris blog
  • Cara mendapatkan aksesoris dan iklan yang terpasang di blog


Ini adalah peniruan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak karena saling menguntungkan. Langkah-langkah yang harus dipersiapkan untuk melaksanakan metode ATM ini adalah :

Carilah blog referensi yang menuruk kamu representatif untuk dijadikan acuan.
  1. Amati dan pelajari struktur yang ada didalam blog referensi Kumpulkanlah blog tutorial sebanyak mungkin, tutorial referensi ada di "Frenz Banner" blog ini dibawah.
  2. Cobalah dulu membuat blog dengan berbagai bentuk sebagai trial mungkin sampai 3-5 blog untuk memantapkan pilihan yang kamu inginkan, tidak perlu dengan posting banyak.
  3. Untuk mendapatkan template yang digunakan oleh blog referensi adalah dengan meng click bagian bawah yang ada copyright nya, kecuali yang hasil buatan sendiri itu tidak bisa dijadikan referensi.
  4. Untuk mendapatkan aksesoris dan iklan yang ada di blog referensi tinggal click, maka kamu akan masuk ke halaman utama penyedia aksesoris dan iklan yang terpasang. Dengan begitu kamu tinggal daftar dan mendapat kode sendiri untuk blog kamu.
  5. Untuk iklan yang berbentuk text kamu bisa click di bagian bawah kotak iklannya, sebab pemasang iklan biasanya menyertakan copyright mereka yang bisa diclick.
  6. Untuk iklan kamu harus banyak baca tutorialnya ada diblog teman yang lain banyak menyajikan artikel tentang iklan, sebab tidak semua iklan mudah mendaftarnya.
  7. Banyak berkunjung ke sesama blogger meninggalkan pesan atau mengomentari artikelnya agar mendapat apresisai dari mereka. Sebab banyak juga blogger yang menyajikan tutorial dalam posisi online dan kamu bisa konsultasi langsung kepada mereka.
  8. Jangan pernah menyerah untuk belajar.
Cara ini cukup mantap untuk dilaksanakan dengan biaya murah tapi langsung ada hasilnya, walaupun poin-poin yang disajkan tidak disajikan dengan rinci, sebab sisanya adalah intuisi kamu untuk belajar. Kata Modifikasi diakhir istilah metode ini adalah kamu harus belajar sedikit tentang struktur bahasa pemrograman HTML dan CSS. Sebab kalau tidak paham maka hasilnya akan sama persis dengan blog referensi kamu. Bisa di cakar-cakar sama yang punya blog aslinya, tapi untuk menjadi sempurna memang butuh waktu. Bukan seperti menggoreng kerupuk, dimasukin kuali langsung ngembang dan bisa dimakan.

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

4 komentar:

I Ketut Riasmaja 7/20/2008 12:06 PM  

Wah.. innfo yang bermanfaat kang.. cuma rambu2 plagiat didalam blogging masih belum jelas. Soalnya pernah liat blog yang isi artikelnya sama persis sampai ke titik komanya sama blog lain... padahal dua blog ini beda yang punya. Kayak gitu disebut pagiat ya kang..?

*Ada yang tau gak ya.. Rambu2 dan etika blogging?*

Pay 7/20/2008 2:41 PM  

@Riasmanja, kalau belum ada hak patent dari HAKI memang belom bisa di klaim hak cipta, tapi bagi orang yang berpendidikan dan cerdas meniru secara keseluruhan sampai titik koma itu hal yang memealukan. Kalau ada jg yng melakukan berarti...? ada yang bisa jawab Rambu & etika blogging ? mas I Ketut...

Kang Boim 7/21/2008 12:05 AM  

melihat terus mencoba mengaplikasiin sendiri sih menurut sy sah2 aja...tp khusus buat mendapatkan aksesoris.pernak-pernik di sidebarnya aj ya..:D :D :D

Dunia tki 9/07/2008 8:23 PM  

Kalau meniru sebaiknya berapa persen aja.Kalau copas sebutkan sumbernya.Mungkin gt lebih oke

Recent Comments

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP