Wednesday, December 3, 2008

Persiapan Menjadi Makelar.

Ada 3 hal umum yang paling ditakutin orang dalam hidupnya dan selalu menghantui fikiran kita :

  1. Kehilangan pacar yang semok dan ganteng, suami or istri yang gagah dan cantik, anak yang lucu dan manis.
  2. Kehilangan harta benda baik berupa barang atau uang.
  3. Takut gagal dan tidak percaya diri.

Jika anda masih single tentu yang pertamax tidak terlalu masalah untuk merintis sebuah bisnis, tinggal ketakutan yang kedua dan ketiga, hal ini berlaku pada orang yang dananya terbatas, kalau ortunya kaya nggak berlaku. Sebab kalau ortunya kaya tidak jadi maslah kalau bangkrut tinggal minta… heheh ini bagi anak yang nggak bertanggung jawab. Logikanya kalau kita punya uang 50 jt (dan kekayaan terakhir) untuk mendirikan sebuah perusahaan harus di hitung secara matang. Untuk menjadi seorang supplier butuh modal kerja lumayan besar, apalgi sampai kontrak 1 tahun. Apa saja yang harus kita persiapkan ?,
Pertama kita harus melengkapi administrasi kitas seperti pembuatan bendera bernama CV atau PT, biaya pengurusannya kala CV kelas terakhir untuk kota besar kisaran 7 jt, kalau untuk PT kisaran 10-12 jt an.Jangan lupa sekalian buka rekening perusahaan atas nama PT juga agar kelihatan bonafit, sebab bila rekening pribadi bisa runyam urusannya harus pakai surat kuasa.

Kedua kontrak kantor untuk domisili tidak perlu harus besar, untuk sementara rumah juga bisa yang penting sudah lengkap dengan line tlp dan fax, tapi sekarang sudah banyak menggunakan email. Persiapkan juga rekrut karyawan terutama tenaga ahli kalau kita tidak ahli dan yang paling penting tenaga marketing yang handal dan sudah memiliki database klien yang siap di followup, biar bayarnya mahal dikit tapi hasil bisa maksimal.

Ketiga membangun jaringan sub supplier bila kita tidak punya, membuat kerjasama dengan yang punya worshop bila pengerjaanya butuh workshop. Cari data supplier dengan best price agar harga kita dapat bersaing dengan vendor lain, ini sangat penting.

Dengan 3 langkah utama ini kita sudah memiliki daya jual yang cukup untuk ditawarkan kepada klien kita, tentu tidak dapat saya jelaskan secara terperinci sebab sisanya ada pada diri anda. Dalam membangun bisnis makelar unsur gamblingnya cukup besar, tapi sekali sukses besar juga. Sekarang tinggal diri kita kemempua apa yang kita miliki ?, apakah kita sudah cerdas mengkap peluang dan menterjemahkannya menjadi sebuah usaha ?. Baca tips & trik berikutnya.

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

0 komentar:

Recent Comments

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP